Cara Merawat Laptop Dengan Benar

Saat ini sudah banyak orang yang mempunyai laptop. Ada yang menggunakannya untuk pekerjaan dan ada juga yang menggunakannya untuk bermain. Tentunya anda berharap agar laptop anda selalu berada dalam keadaan yang bisa berfungsi dengan baik.

Karena jika laptop anda bermasalah maka akan ada banyak pekerjaan atau aktivitas lainnya yang akan terhambat. Untuk mencegah laptop anda rusak tentunya anda bisa memperhatikan beberapa hal pada saat menggunakan laptop tersebut.

Dengan memperhatikan hal-hal ini akan sangat membantu anda dalam memperpanjang usia pemakaian dari laptop anda. Yang pertama pastikan anda selalu bekerja di tempat yang bersih.

Tempat yang berdebu akan membuat banyak debu masuk ke dalam laptop anda dan hal ini akan membuat laptop anda menjadi susah melakukan pendinginan. Pendinginan ini terhambat karena permukaan komponen di dalam laptop anda terhalangi oleh debu.

Jadi setiap komponen di dalam laptop anda akan mengalami panas yang berlebih dan hal itu bisa membuat laptop anda menjadi cepat rusak. Jadi usahakan untuk selalu membersihkan laptop anda dari debu. Dan jika b anda sebaiknya menggunakan layanan jasa service laptop setiap 6 bulan atau 8 bulan sekali untuk membersihkan debu debu dari laptop anda.

Hal ini akan membantu laptop anda untuk bisa bekerja lebih lancar dan terhindar dari berbagai kerusakan yang lebih parah. Selanjutnya anda juga bisa memastikan untuk tidak menggunakan software yang melebihi spesifikasi dari laptop anda.

Penggunaan software yang lebih spesifikasi dari laptop akan mengakibatkan cpu laptop tersebut bekerja dengan sangat keras. Beban kerja yang terlalu berat maka lambat laun komponen akan mengalami pemanasan dan juga kerusakan.

Pastikan anda melakukan upgrade pada laptop anda jika anda ingin menginstal software dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Sebelum melakukan upgrade ada baiknya anda membaca spesifikasi dari laptop anda karena untuk setiap laptop ada batasan upgrade yang bisa dilakukan.

Selanjutnya anda juga harus membiasakan diri untuk bekerja di permukaan yang rata. Jangan bekerja dengan menggunakan meja yang memakai taplak. Kain taplak meja bisa menghambat aliran angin yang keluar dari bawah ventilasi laptop.

Hambatan ini akan membuat udara berputar di dalam laptop dan membuat laptop menjadi lebih panas dari seharusnya. Panas berlebih inilah yang paling sering menjadi penyebab dari kerusakan laptop. Terutama jika laptop dipergunakan untuk software yang spesifikasinya tinggi.

Selanjutnya anda juga perlu membatasi waktu penggunaan laptop anda. Usahakan untuk mengistirahatkan laptop setiap penggunaan 3 jam. Dan jika anda sampai menggunakan laptop hingga 15 jam maka sangat direkomendasikan untuk mematikan laptop untuk mengistirahatkan laptop tersebut.

Jika anda melakukan 4 hal sederhana ini maka laptop anda bisa bertahan lebih lama. Namun bukan berarti laptop anda tidak akan mengalami masalah karena seringkali terjadi hal-hal yang tidak terduga yang bisa mengakibatkan kerusakan laptop. Laptop anda bisa saja terjatuh atau ditumpahi cairan atau berbagai masalah lainnya.

Jika sampai laptop anda mengalami masalah atau kerusakan maka sangat direkomendasikan agar anda segera membawanya ke jasa service laptop. Bagi anda yang tinggal di perkotaan seperti kota Cimahi tentunya akan sangat mudah untuk menemukan jasa service laptop.

Jasa service laptop Cimahi yang ada di perkotaan besar seperti ini biasanya sudah merupakan jasa service laptop yang profesional. Itu berarti semua jenis kerusakan laptop anda bisa diperbaiki. Hanya saja biaya dari perbaikan laptop anda akan sangat bervariasi tergantung dari tingkat kerusakannya.

Anda tentunya tidak mau laptop anda mengalami kerusakan yang membutuhkan biaya perbaikan yang mahal. Oleh karena itu sangat direkomendasikan agar anda melakukan 4 hal sederhana di atas untuk merawat laptop anda.