Peranan Agen Distributor BBM Industri

Pergerakan industri di sebuah negara akan menjadi sangat mempengaruhi perekonomian negara tersebut. Oleh karena itu kewajiban pemerintah untuk selalu memastikan agar faktor-faktor penunjang produksi terus tersedia bagi kalangan industri.

Salah satu faktor utama penunjang bergeraknya perindustrian disebut negara adalah ketersediaan bahan bakar. Oleh karena itu pemerintah selalu berusaha menjaga agar dunia industri tidak kekurangan bahan bakar untuk operasional mereka.

Sebagai bentuk usaha pemerintah untuk menyediakan kebutuhan bahan bakar maka Pertamina membagi ketersediaan bahan bakar menjadi dua kelompok yaitu bahan bakar subsidi untuk masyarakat dan bahan bakar industri untuk operasional industri.

Tentu saja kita semua sudah mengetahui bahwa belakangan ini harga minyak dunia tidak stabil sehingga ada beberapa negara yang menaikkan harga bahan bakar mereka. Indonesia menjadi salah satu negara yang menaikkan harga bahan bakar oleh karena pemerintah sudah tidak bisa lagi menanggung beban subsidi yang berlebih untuk bahan bakar.

Sebaliknya untuk kalangan industri tidak dikenakan subsidi dan penyaluran bahan bakar mereka dilakukan melalui agen distributor BBM industri. Tentu saja hal ini membuat beberapa pihak merasa bahwa mereka bisa mendapatkan keuntungan jika menyalurkan bahan bakar subsidi ke industri.

Anda bisa membuka berbagai marketplace dan menemukan penawaran bahan bakar industri dengan harga yang mendekati bahan bakar subsidi. Tentu ini aja adalah pelanggaran berat yang bisa mendapatkan sanksi. Hal ini membuat distribusi bahan bakar subsidi selalu mendapatkan pengawalan kepolisian.

Jadi di sini kita juga harus membantu pemerintah untuk melaporkan jikalau ada penyelewengan bahan bakar subsidi yang seharusnya diperuntukkan untuk masyarakat. Penyaluran bahan bakar untuk aktivitas industri seharusnya dilakukan oleh agen resmi Pertamina langsung ke perusahaan.

Dari sifatnya adalah b2b antar Pertamina dengan industri. Jadi agen-agen ini akan selalu mengantarkan BBM langsung ke klien-klien mereka seperti pln, pabrik-pabrik, kawasan pertambangan, kepolisian dan TNI, dan lain sebagainya.

Bahan bakar yang paling umum disalurkan oleh agen BBM industri ini antara lain adalah solar dan minyak tanah. Hal itu dikarenakan kedua bahan bakar ini adalah permintaan yang paling tinggi. Solar sendiri banyak digunakan untuk pabrik dan juga kendaraan alat berat yang menggunakan mesin-mesin diesel.

Jadi dari sini kita bisa melihat bagaimana pentingnya untuk selalu menjaga suplai bahan bakar industri agar bisa menggerakkan aktivitas perindustrian di negara kita ini. Namun bukan berarti kita bisa menerima jikalau ada orang yang mengambil keuntungan dengan cara mengalirkan data BBM subsidi yang seharusnya dinikmati oleh masyarakat ekonomi bawah untuk dijadikan bahan bakar industri.

Tentu saja orang-orang yang mengambil bahan bakar subsidi yang dibiayai oleh keuangan negara untuk memperkaya dirinya sendiri lantas untuk mendapatkan sanksi atau hukum dari negara. Jadi bagi para pelaku bisnis atau industri tentu diharapkan kerjasamanya untuk selalu berperilaku jujur dalam melakukan aktivitas bisnis mereka.