Bagaimana perkembangan kasus covid-19 di indonesia?

Covid-19 adalah suatu penyakit yang saat ini menjadi pandemi di seluruh dunia. Banyak sekali lapisan masyarakat yang merasa sangat kuatir dengan penyebaran pandemi covid 19 ini.

Kekuatiran ini dikarenakan Covid 19 bisa menimbulkan infeksi yang sangat berat pada paru-paru. Infeksi atau radang paru-paru yang ditimbulkan oleh virus Covid 19 ini belum ditemukan obatnya.

Jadi hal inilah yang membuat ada banyak pasien covid-19 yang meninggal dunia. Walaupun secara statistik pasien-pasien yang meninggal dunia dan ruang merupakan orang dengan komplikasi beberapa penyakit.

Ini cukup masuk akal karena orang-orang yang mengidap beberapa penyakit akan mempunyai fungsi kekebalan tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang sehat. Selain orang yang mempunyai penyakit penyakit kronis; Covid-19 juga terhitung sebagai penyakit yang berbahaya untuk orang-orang usia lanjut.

Jadi salah satu penanganan yang yang gencar di masyarakat karena pemerintah adalah pembatasan interaksi antara lansia dengan mereka yang masih dalam usia produktif. Hal inilah yang membuat pemerintah mengeluarkan larangan untuk melakukan mudik pada libur lebaran tahun ini.

Hanya saja larangan mudik ini orangnya efektif dan ada banyak orang yang tetap pulang ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran. Sebagai akibatnya angka penderita covid-19 meningkat cukup drastis pasca lebaran. Peningkatan angka penderita covid-19 ini menjadi masalah tersendiri bagi pemerintah.

Jumlah fasilitas kesehatan dan peralatan yang tersedia untuk menangani kasus-kasus korupsi terbaru tidaklah memadai. Beberapa rumah sakit tidak mempunyai cukup ventilator untuk menangani kondisi kondisi darurat. Terlebih lagi setelah virus covid19 varian delta masuk ke tanah air.

Varian delta ini mempunyai kemampuan penyebaran yang sangat cepat sehingga mengakibatkan terjadinya lonjakan kasus aktif di indonesia. Virus covid 19 varian delta ini mempunyai gejala sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek. Ini berbeda dengan gejala covid-19 varian sebelumnya yang lebih cenderung berupa batuk kering, demam, sakit kepala, dan hilangnya indra penciuman.

Virus Covid 19 varian delta ini menjadi virus yang paling menarik perhatian saat ini. Hal itu dikarenakan virus covid-19 ini sudah memakan korban hingga lebih dari seperempat juta jiwa di india.

Kita tetap perlu waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah pertambahan kasus covid-19 ini. Adapun langkah terbaik untuk pencegahan penyebaran covid-19 adalah membatasi aktivitas di tempat umum.

Sayangnya penerapan pembatasan sosial bukanlah sesuatu yang efektif untuk diberlakukan di indonesia karena tingkat kedisiplinan masyarakat di indonesia masih sangat rendah. Terlebih lagi sebagian besar masyarakat kita berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah.

Adalah kelas ekonomi yang cenderung tidak mempunyai tabungan dalam jumlah besar sehingga mereka harus aktif bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Kendala-kendala seperti inilah yang membuat penanganan kasus covid-19 di indonesia menjadi sangat sulit untuk dilakukan.