Jenis-Jenis Hosting Menurut Fungsinya

Web hosting merupakan layanan untuk menyimpan data website agar dapat ditampilkan dan diakses melalui jaringan internet. Paket web hosting biasanya terbagi kedalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Berikut adalah beberapa pilihan jenis layanan web hosting yang dapat anda gunakan.

1. Free hosting

Free Hosting merupakan jenis layanan web hosting yang gratis atau tidak berbayar. Tetapi Free Hosting memiliki beberapa kekurangan mendasar seperti kecilnya ruang penyimpanan yang disediakan. Karena kecilnya ruang penyimpanan yang sediakan, Free Hosting tidak sesuai untuk website yang ingin menampilkan iklan. Free Hosting hanya sesuai bagi pengguna website yang baru ingin mempelajari cara membuat website.

2. Shared hosting

Shared hosting merupakan pilihan jasa layanan hosting yang paling murah di antara jenis-jenis layanan web hosting berbayar lainnya. Karena merupakan pilihan web hosting yang paling murah, shared hosting merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menggunakan web hosting dengan budget terbatas. Harga shared hosting bisa murah Karena konsepnya yang berbagi.

Sesuai dengan namanya, jika Anda menggunakan share hosting anda akan berbagi satu server dengan ratusan hingga ribuan pengguna website lainnya. Karena satu server dibagi kepada ratusan hingga ribuan website, maka jumlah sumber daya server yang dapat Anda terima juga kecil karena anda membagi sumber dayanya dengan ratusan atau bahkan ribuan website lainnya.

Kekurangan lain dari share hosting adalah tidak adanya partisi di dalam server. Jadi jika dalam satu server hosting terdapat satu website yang cukup besar dan memiliki cukup banyak pengunjung atau traffic, maka website tersebut akan mengambil alih sumber daya server website lainnya yang berada satu server dengannya. Jadi jika anda berada satu server dengan website besar lainnya, maka sumber daya Anda akan diambil oleh website besar tersebut sehingga dapat membuat website Anda melambat dan juga dapat mengakibatkan website Anda down.

3. Vps hosting

VPS (virtual private server) merupakan paket yang paling banyak dinikmati oleh users di Indonesia. Banyak pengguna website yang menyukai VPS karena walaupun harganya yang tidak semurah shared hosting, tetapi harganya masih lebih murah jika dibandingkan dengan jenis layanan web hosting lainnya. Tidak hanya itu, BPS juga menawarkan layanan dengan sumber daya server yang lebih stabil. Mirip dengan shared hosting, di vps Anda juga berbagi server dengan pengguna website lainnya.

Namun jika desain hosting Anda berbagi server dengan ratusan bahkan hingga ribuan website lainnya, di vps anda hanya berbagi server dengan 10 hingga 20 website lainnya. Di vps juga terdapat partisi yang membagi rata sumber daya server. Jadi pengguna website lain tidak bisa mengambil data sumber daya pengguna website lainnya pengguna website lainnya pengguna website lainnya.

Itulah sebabnya Mengapa namanya virtual private server, karena walaupun Anda berbagi satu server dengan website lainnya tapi anda akan mendapatkan kesan seolah-olah menggunakan server sendiri karena anda memiliki akses penuh kepada website Anda tanpa dipengaruhi oleh website lainnya yang berada satu server dengan anda.

4. Cloud hosting

Cloud hosting memiliki sistem yang sangat mirip dengan VPS. Namun jika anda memiliki tujuan untuk memperluas website anda maka Cloud hosting merupakan pilihan yang lebih baik. Cloud hosting memberikan perlindungan terhadap serangan virus yang bertujuan untuk merusak server.