Macam Dak Lantai untuk Rumah Tingkat


Jika Anda hendak membuat rumah Anda menjadi bertingkat. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat dak lantai pada rumah. Untuk macam bahan dak lantai untuk rumah ini juga sangat beraneka macam. Tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Macam Bahan Dak Lantai Untuk Rumah

Ada beberapa macam bahan dak yang bisa digunakan untuk rumah, antara lain:

  1. Dak Beton Konvensional

Bahan pertama yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan beton konvensional. Bahan yang satu ini merupakan dak beton bertulan yang sering digunakan pada pembuatan rumah bertingkat. Adapun adukan beton yang digunakan yaitu campuran dari beberapa jensi pasir, semen dan juga kerikil. Kemudian beton tersebut juga dipadukan dengan besi untuk bisa meningkatkan kelenturannya.

Sebelum melakukan proses pengecoran, bekisting juga harus sudah dipasang terlebih dahulu. Tentunya sebagai cetakan dari beton tersebut. Kemudian baru bisa dilakukan prses pembesian yaitu proses merangkai besi sebagai rangka untuk plat lantai. Setelah itu, adukan beton bisa dituangkan.

Untuk kelebihan dari dak beton konvensional ini yaitu cocok dengan berbagai desain rumah yang ada. Selain itu, prosesnya juga sederhana dan ditambah dengan material yang mudah untuk didapatkan.

Namun, tentunya ada kekurangannya yaitu proses pengerjaanya yang terbilang cukup lama. Kemudian material yang dibutuhkan juga sangat banyak, bahkan juga menyisakan limbah kayu dan juga bambu bekas bekisting.

  1. Dak Panel Lantai

Macam bahan dak lantai untuk rumah selanjutnya yaitu bata ringan atau yang biasanya dikenal dengan hebel. Untuk dak yang menggunakan bahan tersebut biasanya disebut dak panel lantai. Dak ini mempunyai ukuran yaitu panjang sampai dengan 6 m, lebar 60 cm dan juga tebal 12,5-20 cm.

Untuk proses pembuatannya, sebelumnya panel lantai tersebut dicetak terlebih dahulu di pabrik. Tentunya lengkap dengan tulangan besi yang ada pada bagian tengahnya. Kemudian jika sudah jadi maka dak ini bisa dipasang dengan cara membaringkan secara bersusun di atas dinding rumah. Langkah selanjutnya yaitu Anda tinggal mengaplikasikan semen atau grouting pada bagian sambungannya.

Adapun kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan dak panel lantai yaitu bisa menghilangkan kebutuhan bekisting pada saat melakukan dak. Kemudian jumlah pemakaian besi dan juga semen juga bisa dikurangi. Sehingga biaya pembangunan tersebut bisa menjadi lebih hemat.

Namun, juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu masa pemesanan dari pabrik membutuhkan waktu yang lama. Biasanya bisa sampai dengan 1 bulan, terutama jika stok tersebut sedang tidak tersedia. Tidak hanya itu, untuk bentuk modulnya juga kurang cocok bagi desain rumah yang mempunyai banyak lekukan.

  1. Dak Keraton

Dak keraton ini juga biasa disebut dengan dak keramik. Dak yang satu ini bisa dibilang inovasi dai dak beton yang biasanya digunakan pada rumah bertingkat. Untuk ukuran modulnya adalah 25x20x10 cm.

Untuk proses pemasangannya sendiri modul-modul ini dikuatkan dengan menggunakan besi yang ada pada bagian tengahnya. Maka dari itu, modul dan keraton ini harus dirangkai terlebih dahulu. Kemudian jika sudah jadi, maka rangkaian tersebut bisa dinaikkan dan juga disusun di atas balok dinding.

Kelebihan yang bisa didapatkan dari dak keraton adalah proses pembuatannya yang tidak memerlukan bekisting. Serta bisa menghemat material yang digunakan. Dak keraton ini juga bisa meredam suara dan meredam panas dengan baik. Sedangkan kekurangannya yaitu dak keraton tidak boleh dilubangi sesudah berhasil dipasang. Hal ini dikarenakan bisa mudah mengalami pecah.

Itulah beberapa macam bahan dak lantai untuk rumah yang bisa menjadi referensi. Tentunya bagi Anda yang hendak melakukan pembuatan rumah bertingkat. Anda dapat memilih berdasarkan dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing model di atas. Pastikan anda menggunakan kontraktor berpengalaman ketika membangun rumah anda. Jika anda berdomisili di kota Semarang atau sekitarnya, menggunakan layanan jasa bangun rumah Semarang profesional bisa menjadi pilihan.

Menggunakan kontraktor profesional sangat penting demi kelancaran dan kesuksesan pembangunan rumah anda.