Apa Itu Haji Plus? Apa Bedanya Dengan Haji Reguler?

Haji Plus adalah jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Dibandingkan dengan haji reguler, Haji Plus memiliki banyak kelebihan dan biaya yang lebih mahal.

Untuk persiapan keberangkatan tahun depan, Anda perlu mengetahui informasi seputar Haji Plus. Terutama perincian biaya dan cara daftar haji plus agar cepat berangkat tahun 2023/2024

Sebagai umat Islam, tentu kita rindu menunaikan ibadah haji ke Mekkah untuk menyempurnakan agama kita. Haji merupakan rukun Islam yang kelima, dan wajib bagi umat Islam yang mampu.

Haji diartikan sebagai ziarah atau kegiatan mengunjungi Rumah Allah pada hari-hari Idul Adha dengan maksud melakukan ibadah dengan cara tertentu. Bagi seorang muslim yang mampu secara ekonomi, ibadah ini adalah wajib.

Lantas bagaimana dengan umat Islam yang belum berkembang secara ekonomi? Allah itu adil dan maha penyayang kepada semua hamba-Nya. Haji memiliki keistimewaan, karena penuh dengan toleransi.

Allah tidak mewajibkan orang yang tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji. Namun, wajib bagi mereka yang sudah mampu secara ekonomi. Secara tidak langsung, Allah mewajibkan hamba-Nya bekerja keras mengumpulkan uang dengan cara yang halal, dan Dia bermaksud menyempurnakan utang tersebut.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, Indonesia merupakan negara yang konsisten menyumbang jamaah haji setiap tahunnya. Setidaknya, hal ini berlanjut sebelum pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Untuk memudahkan masyarakat berangkat haji, pemerintah mengizinkan adanya biro perjalanan haji dan umrah atau organisasi yang memberikan pelayanan untuk mengurus jamaah haji yang akan berangkat.

Perjalanan haji dan umrah itu banyak. Kita bisa menemukannya dimana saja, bahkan banyak yang menawarkan jasanya secara online. Yang penting adalah jenis layanan yang mereka berikan.

Ada dua layanan haji dan umrah, pertama haji reguler dan haji plus. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas lebih jauh tentang ibadah haji lengkap. Simak infonya, ya!

Memahami dan tata cara pendaftaran Program Keberangkatan Haji Plus 2023/2024

Ada yang tahu apa itu Haji Plus? Khusus untuk muslimah dan muslimah yang berniat menunaikan ibadah haji tahun depan, informasi ini penting untuk Anda ketahui. Haji membutuhkan biaya yang sangat besar. Terkadang, ada travel haji plus dan umrah yang mencoba menipu calon jemaah haji.

Untuk menghindari bahaya yang mengerikan ini, kita harus benar-benar jelas mengenai informasi haji serta agen perjalanan yang bertanggung jawab untuk berangkat nanti.

Ada dua jenis layanan haji dan umrah di Indonesia. Pertama: haji reguler dan haji plus. Sebelum kita terjun ke pembahasan tata cara pendaftaran Haji Plus agar cepat berangkat di tahun 2023, kita perlu mengenal informasi dasarnya terlebih dahulu. Mulai dari memahami setiap ibadah haji, perbedaannya, akumulasi biaya, dan hal-hal penting lainnya.

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Plus

Tahukah Anda Apa Perbedaan Haji Reguler dan Haji Plus? Haji Reguler adalah layanan pemberangkatan haji yang dioperasikan dan disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. Hal yang paling mirip dengan umrah adalah masa tunggu hingga dua puluh tahun.

Masa tunggu sangat lama karena jumlah antrian jemaah semakin bertambah setiap harinya. Hal ini menandakan besarnya antusias masyarakat muslim di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji.

Berbeda dengan haji reguler yang dikelola pemerintah, Haji Plus merupakan layanan haji swasta. Dengan kata lain, ini adalah layanan yang berafiliasi dengan agen perjalanan haji dan umrah yang tidak diwajibkan oleh pemerintah, tetapi disahkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Dibandingkan dengan haji reguler, umat Islam umumnya lebih senang dengan haji plus, meski biayanya lebih mahal. Ibadah haji plus selalu dicari karena masa tunggunya jauh lebih pendek dari haji biasa.

Masa tunggu jemaah haji plus berkisar antara 5 hingga 7 tahun. Wajar jika biayanya jauh lebih mahal dari haji biasa. Layanan ini cocok bagi mereka yang memiliki keinginan menunaikan ibadah haji lebih cepat, dan juga memiliki kemampuan finansial yang baik.

Selain masa tunggu yang lebih singkat, fasilitas Haji Plus juga berbeda dengan fasilitas Haji reguler. Ketika kita membayar dengan jumlah yang begitu besar, tentunya kita berhak untuk meminta fasilitas bukan?