Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Administrasi

penjelasan administrasi

penjelasan administrasi

penjelasan administrasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Administrasi – Pengertian Administrasi ialah sebuah bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar bisa mencapai target/tujuan organisasi. Jadi, boleh di bilang bahwa administrasi memiliki peranan yang sangat krusial dalam semua aktivitas sebuah organisasi.

Pengertian administrasi secara umum ialah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi secara sempit adalah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang memiliki sifat teknis ketatausahaan.

Sedangkan pengertian administrasi secara luas adalah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana khusus secara berdaya guna serta berhasil guna.

Jadi pengertian administrasi dalam arti luas yaitu mempunyai unsur-unsur sekelompok orang, kerja sama, pembagian tugas secara terstruktur, kegiatan yang runtut dalam proses, tujuan yang akan di capai, dan pemanfaatan berbagai sumber.

Intinya administrasi itu mencangkup seluruh kegiataan dari pengaturan sampai pengurusan sekelompok orang yang memiliki di ferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Administrasi itu dapat berjalan dengan dua atau banyak orang terlibat di dalamnya.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Administrasi adalah sebuah jabatan yang mempunyai tugas sebagai pengaturan kebijakan dengan tujuan dapat mencapai target atau tugas dari instansi atau organisasi. Secara umum administrasi juga dapat diartikan sebagai aktifitas surat menyurat, mencatat, pembukuan perusahaan, dan kegiatan kegiatan teknis perusahaan/ instansi.

Sebagai sebuah bidang ilmu pengetahuan, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang istilah administrasi atau yang dalam prakteknya sering juga disebut dengan administrasi perkantoran, tanpa melihat dari sudut pandang para ahli. Dimulai dari pengertian administrasi menurut para ahli.

Ada banyak ahli di bidang administrasi menjelaskan tentang definisi administrasi, diantaranya adalah:

George R. Terry

Pengertian administrasi ialah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.

Arthur Grager

Pengertian administrasi ialah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Sondang P. Siagian

Arti administrasi ialah segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

Ulbert

Dalam artian luas administrasi adalah suatu proses penyusunan dan pencatatan data/informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan dan memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan definisi administrasi dalam arti sempit di kenal dengan istilah tata usaha.

Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Pengertian administrasi ialah suatu bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan pun dan di mana pun pekerjaan tersebut harus dilakukan.