Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas


Rumah menjadi tempat paling nyaman untuk melepaskan segala penat akibat beraktivitas sehari-hari. Rumah juga menjadi tempat yang paling aman untuk kembali. Oleh karenanya, keadaan di dalam rumah harus bisa membawa ketrentaman penghuninya. Ketrentaman dan kenyaman di dalam rumah tidak dipengaruhi oleh ukuran rumah. Meskipun hanya terletak diatas sepetak tanah. Kenyamanan tetap bisa didapatkan dengan cara menata rumah kecil agar terlihat luas.

Penataan dan desain denah rumah yang bagus sangat mempengaruhi penataan rumah kecil. Kita bisa menyiasati dengan pemilihan warna dan penataan perobatan rumah agar rumah kita terlihat lebih lebar dan memiliki banyak ruang gerak. Penggunaan warna khususnya pada dinding bisa mengelabuhi penglihatan kita dan menimbulkan kesan luas, salah satunya adalah penggunaan warna-warna cerah  untuk pengaplikasian pada dinding rumah. Penggunaan warna cerah seperti putih dan warna cerah lainnya pada dinding akan memberikan kesan luas, lapang dan lebar yang disebabkan karena warna cerah tersebut memantulkan cahaya yang masuk kedalam rumah.

Selain pemilihan warna cat dinding, penataan interior dan perobatan rumah juga menjadi salah satu Cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Letakan perabotan rumah seperti meja, kursi, almari dan lainnya tidak terlalu menempel ke dinding. Peletakan perabotan yang terlalu berdekatan dengan dinding akan menghalangi cahaya yang masuk sehingga tidak mehasilkan bayangan benda. Dimana bayangan dari perobatan tersebut bisa memberikan persepsi ruangan lebih besar.

Peletakan furniture memang memberikan keuntungan tersendiri dalam menata rumah sehingga kita perlu mendesain rumah kita sebaik mungkin. Rumah kecil dengan penataan yang pas bisa membuat kita merasa tidak sedang berada di dalam rumah sempit karena masih memiliki banyak ruang gerak. Kitapun jadi bebas bergerak kesana kemari.

Penataan rumah yang pas juga bisa menghindarkan kita dari kegerahan dan sumpek meskipun memiliki rumah yang kecil nan sempit. Rumah sempit bukan berarti tidak bisa memiliki cukup ruang untuk berkebun lho, rumah sempit tetap bisa disulap menjadi taman bermain yang asyik untuk sibuah hati dan tempat bercengkrama bersama keluarga. Hadirkan nuansa taman yang santai dan menyegarkan dengan mengisi sedikit tanaman untuk kebun di rumah anda.

Rumah kecil bukanlah hambatan untuk anda mencapai kenyamanan di dalam rumah. Ada segudang trik dan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Selain penggunaan warna cerah dan menjauhkan furniture dari dinding, rumah anda bisa disiati dengan menghadirkan rak atau kabinet multifungsi sehingga rumah anda tidak penuh sesak dengan perabotan rumah tangga. Cermin juga bisa menjadi salah satu trikmu lho, cukup gantung beberapa cermin di dinding kalau bisa cermin yang memiliki warna senada.

Selain sebagai dekorasi, cermin ini juga bisa menimbulkan pandangan ruangan lebih luas daripada aslinya. Kamu juga bisa menghiasi ruang tamumu dengan karpet motif yang memiliki pola berulang-ulang kecil. Karpet berpola ini sangat sesuai untuk menampilkan kesan lebar dalam ruang tamumu yang sempit, yang menambah desain interior rumah lebih cantiik.

Rumah kecilmu tidak memiliki banyak sekat untuk memisahkan ruangan, tenang kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan sofa. Letakan sofa ditengah-tengah ruangan yang tidak mengganggu lalu lintas, misalnya ruang makan dengan ruang bersantai. Kamu bisa menempatkan sofa untuk ruang bersantai ditengah-tengah ruangan.

Penempatan sofa ini juga akan memberikan kesan dekat dan tetap bisa terjadi interaksi saat ada anggota keluarga yang sedang makan ataupun bersantai diruang keluarga. Trik-trik tadi dapat kamu aplikasikan lho untuk rumah kecilmu sehingga kamu tetap betah berada di rumah dan menerima kenyamanan dari sebuah rumah.